Menpora Jadikan Unesa Pusat Latihan Bibit Atlit Elit Nasional

- 17 Maret 2022, 10:45 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengatakan Unversitas Negeri Surabaya (Unesa) akan menjadi pusat latihan bibit atlit nasional. Rabu, 16 Maret 2022
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengatakan Unversitas Negeri Surabaya (Unesa) akan menjadi pusat latihan bibit atlit nasional. Rabu, 16 Maret 2022 /Zona Surabaya Raya /Humas Unesa

ZONA SURABAYA RAYA - Unversitas Negeri Surabaya (Unesa) akan menjadi pusat latihan bibit atlit nasional. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali saat meninjau Unesa Lidah Kulon Rabu, 15 Maret 2022.

Menpora Zainuddin Amali mengatakan, pada program tersebut akan menjaring sekitar 250 ribu atlet muda di seluruh Indonesia. Namun penjaringan tidak dilakukan serentak, melainkan bertahap.

Sebelum tergabung, tentunya akan dilakukan seleksi ketat hingga menemukan bibit-bibit atlet elit. Nantinya, atlet eli tersebut bakal dipersiapkan pada ajang Olimpiade maupun Paralimpiade.

"250 ribu itu tidak sekali rekrut, itu bisa beberapa tahap. Yang saya gambarkan itu basis talenta yang kita butuhkan untuk menghasilkan atlet elit nasional.  250 ribu orang ini akan terseleksi, dia naik menjadi 37.500, kemudian terseleksi lagi menjadi 750 orang, sisanya atlet elit nasional diperkirakan berada di usia 20an, tingkat mahasiswa itu tinggal 150," kata Zainudin di Laboratorium Sport Science Fitness Center (SSFC) Unesa.

Baca Juga: Ramalan Shio Hoki Kamis 17 Maret 2022, Keberuntungan Shio Naga, Shio Macan, Shio Kuda, Shio Anjing, Shio Babi

Rekrutmen calon atlet elit, pihaknya mencari siswa kelas 1 SMP. "Mungkin, rekrut awal sekitar 80-100 orang, itu yang akan kita cari. Tapi semuanya SMP kelas 1. Nanti semua akan di asramakan," ujarnya Zainuddin.

Kemudian, lanjut Zainuddin, perguruan tinggi dipilih sebagai tempat untuk mendidik para atlet karena sudah memiliki fasilitas. Meperti laboratorium sport science.

"Karena untuk prestasi tidak mungkin lagi kita meninggalkan sport science, menjadi pendamping utama, perguruan tinggi punya," katanya.

Selain itu, perguruan tinggi memiliki tenaga untuk melatih para atlet itu. Para calon atlet tentunya ada yang menjaga.

Baca Juga: Fortuner yang Dikendarai Warga Negara China Tabrak Truk di Tol Gempol, Korban Dilarikan ke RS

Halaman:

Editor: Budi W

Sumber: Humas Unesa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x