Lima Pemain Ini Sabet Ballon d'Or di Usia Muda, Salah Satunya Tujuh Kali

- 20 Desember 2021, 06:00 WIB
Linoel Messi saat meraih Ballon d'Or yang ke-7 pada tahun 2021/capture instagram leomessi
Linoel Messi saat meraih Ballon d'Or yang ke-7 pada tahun 2021/capture instagram leomessi /
 
ZONA SURABAYA RAYA - Pengghargaan Ballon d’Or merupakan gelar individu bergengsi yang didambakan setiap insan pemain sepak bola profesional.
 
Ballon d'Or pertama kali diadakan pada tahun 1956 oleh France Football. Pemenang Ballon d’Or sendiri dipilih dari suara jurnalis, pelatih dan kapten tim nasional.
 
Selama ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah mencatatkan namanya menjadi peraih gelar Ballon d'Or terbanyak di dunia yaitu tujuh kali untuk Messi dan Ronaldo lima kali.
 
Namun sejauh ini, terdapat beberapa pemain peraih Ballon d'Or yang tergolong dapat meraih pengghargaan berharga tersebut pada usia muda. 
 
 
Dikutip dari Instagram sepbol_id berikut lima pesepak bola yang meraih gelar Ballon d'Or di usia muda.
 
1. Cristiano Ronaldo - 23 tahun
Cristiano Ronaldo pertama kali meraih Ballon d’Or pada tahun 2008. Trofi Ballon d’Or tahun itu bisa dibilang sebagai yang pertama dalam memulai rivalitas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Saat itu, CR7 berhasil mengantarkan Manchester United memenangi gelar Premier League dan Liga Champions.
 
Tak hanya itu, Ronaldo juga berhasil mengoleksi 31 gol dalam 34 pertandingan di Premier League, yang membuatnya menjadi top skor di akhir musim. Pada tahun itu, sang pemain juga sukses mendapatkan sepatu emas Eropa.
 
2. George Best - 22 tahun
George Best meraih penghargaan Ballon d’Or pertama kali pada tahun 1968. Ia saat itu berhasil tampil cemerlang bersama Manchester United. Sang pemain juga sukses mempelopori kemenangan Setan Merah melawan Benfica di final Liga Champions dengan skor 4-1.
 
Umur Best sendiri saat memenangi Ballon d’Or adalah 22 tahun. Pada tahun 1968 itu, Best berhasil mengalahkan nama-nama top seperti Franz Beckenbauer, Dragan Dzajic, dan Bobby Charlton.
 
3. Lionel Messi - 22 tahun 
Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d’Or pertama kali pada tahun 2009. Ketika itu, pemain asal Argentina ini masih berusia 22 tahun. Capaian La Pulga sendiri sangat fantastis pada tahun tersebut. Ia berhasil mengantarkan Barcelona meraih treble winners.
 
 
Meski usianya cukup muda saat itu, Messi tak sekadar menjadi pelengkap tapi memainkan peran pilar di tim utama. Ketika itu, superstar kelahiran Rosario ini berhasil mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Andres Iniesta dalam perebutan gelar Ballon d’Or.
 
4. Michael Owen - 22 tahun 
Tahun 2001 bisa dibilang sebagai puncak karier bagi Michael Owen. Pasalnya, penyerang asal Inggris ini berhasil meraih trofi Ballon d’Or. Ketika itu ia membela Liverpool dan masih berusia 22 tahun.
 
Owen sendiri saat itu berhasil mengalahkan para pemain top seperti David Beckham, Paul Scholes hingga Robbie Fowler. Setelah meraih banyak kesuksesan dengan Liverpool, Owen kemudian melanjutkan kariernya bersama Real Madrid pada musim panas 2004. Sayangnya, ia gagal bersinar di klub Spanyol tersebut.
 
5. Ronaldo Nazario - 21 tahun 
Walau cukup sering diganggu cedera sepanjang kariernya, Ronaldo Nazario tetaplah pesepak bola terbaik di dunia pada eranya. Pemain asal Brasil ini pernah memenangi penghargaan Ballon d’Or pada usia muda, yaitu 21 tahun. Penghargaan bergengsi tersebut didapatkannya pada tahun 1997.
 
Ronaldo meraih gelar itu ketika masih berseragam Barcelona. Saat itu, ia sukses mengantarkan timnya meraih gelar juara Piala Super Spanyol, Copa del Rey, dan Piala UEFA. Pada tahun tersebut, Ronaldo secara mengejutkan mampu mencetak 37 gol dari 34 laga.
 
 
Pada era sepak bola modern seperti saat ini bukan tak mungkin akan muncul nama-nama pemain sepakbola baru yang bakal menggeser lima pemain sepakbola legendaris seperti diatas.
 
Para penggemar sepak bola tentunya paham dengan bakat-bakat baru yang terus bermunculan di dunia si kulit bundar. Sebut saja Kylian Mbappe yang masih 22 tahun dari PSG dan Erling Haaland yang berusia 21 tahun dari Borussia Dortmund.***
 

Editor: Timothy Lie

Sumber: Instagram @sepbol_id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x