Hari Otoda 2024, Eri Cahyadi Bakal Sejajar dengan Gibran dan Bobby Terima Penghargaan Bergengsi Seumur Hidup

- 24 April 2024, 07:00 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi /Pemkot Surabaya/

ZONA SURABAYA RAYA - Hari Otonomi Daerah XXVIII akan diselenggarakan di Kota Surabaya pada Kamis, 25 April 2024. Acara ini, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), memiliki dua agenda utama yang menarik perhatian.

Upacara ini akan dimulai pukul 07.00 WIB di Balai Kota Surabaya. Selain itu, ada pula acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda) yang akan dimulai pukul 18.30 WIB di Ball Room Grand City Mall Surabaya.

Menurut Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dalam rangkaian peringatan Hari Otoda 2024, ada pemberian tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada kepala daerah yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam menjalankan tugas mereka.

Baca Juga: Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya, Presiden Jokowi bakal Hadir Anugerahkan Penghargaan Bergengsi!

Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021. Para penerima penghargaan ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

Menurut Wali Kota Eri, ada sejumlah kepala daerah yang akan menerima penghargaan ini, termasuk gubernur, wali kota, dan bupati. Surabaya sendiri telah berhasil masuk dalam 10 besar EPPD sejak 2021 hingga 2022, bahkan menjadi yang terbaik di Indonesia. Prestasi ini memberikan semangat baru bagi Pemerintah Kota Surabaya.

Selain Wali Kota Eri, beberapa kepala daerah lain yang dijadwalkan menerima penghargaan ini adalah Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), Anna Mu'awanah (Bupati Bojonegoro), Ipuk Fiestiandani Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Surakarta), dan Bobby Nasution (Wali Kota Medan).

Menghargai Kinerja Pemerintah Daerah

Menteri Dalam Negeri juga akan memberikan piagam penghargaan kepada 29 pemerintah daerah di Indonesia, berdasarkan hasil EPPD tahun 2023.

Namun, setelah menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, kepala daerah tidak akan lagi menerima penghargaan tersebut di masa depan.

Halaman:

Editor: Rangga Putra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah