Jean-Pierre Jabouille, Legenda Pembalap F1 Meninggal Dunia, Tim Alpine: Dia Perintis Olahraga Balap

- 3 Februari 2023, 18:00 WIB
Pembalap F1 peraih kemenangan pertama untuk Renault Jean-Pierre Jabouille meninggal dunia
Pembalap F1 peraih kemenangan pertama untuk Renault Jean-Pierre Jabouille meninggal dunia /Instagram @jeanpierrejabouille

ZONA SURABAYA RAYA - Jean-Pierre Jabouille, legenda pembalap F1 yang meraih kemenangan pertama untuk Renault tutup usia. Jabouille meninggal dunia pada usia 80 tahun.

“Saya sedih dengan berita bahwa Jean-Pierre Jabouille telah meninggal dunia. Dia memberikan begitu banyak kontribusi untuk motorsport dan F1, dan kami menghargai kenangan dan prestasinya,” ungkap CEO Formula 1 Stefano Domenicali dikutip dari laman resmi, Jumat, 3 Februari 2023.

Mendegar kabar duka tersebut, Tim Alpine yang kini memperoleh dukungan dari Renault, lantas merasa terpukul atas berpulangnya Jabouille. Sosok Jabouille di mata Tim adalah seorang pembalap yang rendah hatinya, insinyur yang cemerlang, dan perintis olahraga balap.

“Ia mempelopori perjalanan Renault ke F1 pada tahun 1977 dengan sikapnya yang ulet dan berani. Dia adalah pemenang Grand Prix pertama Renault pada 1979, momen penting dalam perjalanan Renault di Formula 1,” tutur perwakilan Alpine yang juga dilansir oleh Antara.

Baca Juga: Chelsea Kontra Fullham Dalam Lanjutan Liga Inggris, Berikut Kondisi Terkini Kedua Tim

“Tekad dan dedikasinya untuk sukses menginspirasi banyak orang, dan nilai-nilai ini tetap menjadi inti tim saat ini dengan warna biru Alpine. Kami berada di tempat kami hari ini karena Jean-Pierre dan warisannya terus hidup,” imbuhnya.

Total Jean-Pierre Jabouille telah mengikuti 55 selama dirinya berkarari di F1. Jean-Pierre Jabouille telah berhasil menyabet dua kemenagan serta posisi klasemen terbaik P8 pada tahun 1980. Debut pertama Jean-Pierre Jabouille adalah ketika GP Perancis Tahun 1974 dan turun dengan tim Williams (FWRC).

Pada Grand Prix Prancis tahun 1979 Jean-Pierre Jabouille berhasil memenangkan kemengan penting untuk diri sendiri beserta timnya. Lebih tepatnya kala itu Jean-Pierre Jabouille telah genap dua tahun bergabung dengan Renault.

Baca Juga: Penculikan Anak masih marak? Ini Kata Kapolrestabes Surabaya

Halaman:

Editor: Ali Mahfud

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x