Dalam Tragedi Kanjuruhan Jadi Perhatian, Nugroho Setiawan: Seharusnya Bisa Diantisipasi

- 3 Oktober 2022, 18:50 WIB
Dalam Tragedi Kanjuruhan Jadi Perhatian, Nugroho Setiawan: Seharusnya Bisa Diantisipasi
Dalam Tragedi Kanjuruhan Jadi Perhatian, Nugroho Setiawan: Seharusnya Bisa Diantisipasi /ZonaSurabayaRaya/

ZONA SURABAYA RAYA - Peristiwa meninggalnya suporter Arema Derby Persebaya, mendapat tanggapan dari 

Nugroho Setiawan. Dia satu-satunya orang Indonesia pemegang lisensi FIFA Security Officer itu. Menurut dia menilai situasi tersebut seharusnya bisa diantisipasi, Senin 3 Oktober 2022.

Hal ini disampaikan Nugroho Setiawan dimana pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya merupakan salah satu laga berisiko tinggi. Kedua tim sudah sering bertemu.

Artinya, pengalaman menggelar pertandingan derbi Jawa Timur antara Arema dan Persebaya sudah ada. Seharusnya sudah bisa diperhitungkan mitigasi risikonya.

Baca Juga: PSSI, 18 Polisi dan Perwira di Periksa Bareskrim Polri Terkait Tragedi Kanjuruhan Malang

Sepak bola adalah industri olahraga yang peraturannya sudah dibuat FIFA. Tapi, untuk menyelenggarakan sebuah pertandingan, perlu melibatkan banyak pihak. Masing-masing punya landasan hukum.

Polisi, misalnya, dalam menangani kericuhan, langkah awal yang harus dilakukan adalah persuasif, negosiasi, dan terakhir represif.

Dalam peraturan FIFA, ada pasal yang menyebutkan tidak boleh pihak keamanan menertibkan suporter dengan senjata api dan gas air mata.

Tapi, pada pasal lanjutannya, pihak keamanan boleh melakukan tindakan represif apabila diperlukan. Mungkin, yang terjadi di Kanjuruhan adalah momen di mana kepolisian sudah merasa perlu melakukan tindakan represif.

Halaman:

Editor: Timothy Lie


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x