Maarten Paes dan Cyrus Margono jadi WNI, Kiper Persebaya Ini Percaya PSSI Gak Gaya-gayaan!

- 5 Mei 2024, 10:30 WIB
Maarten Paes (kanan) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir.*/PSSI
Maarten Paes (kanan) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir.*/PSSI /

ZONA SURABAYA RAYA - Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani, menyambut positif langkah PSSI untuk menggaet kiper diaspora, seperti Maarten Paes dan Cyrus Margono, untuk memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia. Ia menilai hal ini sebagai langkah positif demi kemajuan sepak bola nasional.

"Kalau saya pribadi, jika memang menjadi salah satu yang terbaik buat timnas Indonesia, tidak masalah. Sebagai masyarakat, saya mendukung apa yang dilakukan oleh PSSI," ujar Andhika, dikutip dari ANTARA, Minggu, 5 Mei 2024.

Dukungan Dhika ini bukan tanpa alasan. Ia yakin bahwa PSSI memiliki pertimbangan matang dalam mendatangkan pemain diaspora, termasuk para kiper. Ia percaya bahwa PSSI tidak hanya ingin "pamer kekuatan", melainkan ingin timnas Indonesia lebih kuat di kancah internasional.

Baca Juga: 7 Fakta Dua Bek Asing Dicoret dari Persebaya, Benarkah demi Reuni Paul Munster dengan Pemain Ini?

Kedatangan Maarten Paes dan Cyrus Margono

Maarten Paes dan Cyrus Margono bukan nama sembarang. Maarten Paes, kiper berusia 24 tahun ini saat ini bermain di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat bersama klub FC Dallas. Ia memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Pare, Kediri, Jawa Timur.

Sementara Cyrus Margono, kiper berusia 22 tahun ini bermain di kasta kedua Liga Yunani bersama Panathinaikos B. Ia memiliki darah Indonesia dari ayahnya, sedangkan ibunya berasal dari Iran.

Kehadiran kedua kiper ini diharapkan dapat menambah kedalaman skuad timnas Indonesia, khususnya di posisi penjaga gawang. Saat ini, posisi tersebut kerap diisi oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026

Maarten Paes berpeluang besar untuk memperkuat timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Ia akan bersaing dengan Ernando Ari dan kiper lainnya untuk memperebutkan tempat utama di bawah mistar gawang Garuda.

Namun, sebelum ia dapat tampil membela timnas Indonesia, Maarten masih harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya adalah menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) karena ia pernah membela timnas Belanda U-21 di Piala Eropa U-21 2021.

Halaman:

Editor: Rangga Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah