Medali Emas Atlet Cina Terancam Dicabut, Indonesia Berpotensi Raih Perak di Cabang Olahraga Angkat Besi

- 28 Juli 2021, 19:50 WIB
Windy Cantika Aisah, atlet putri Indonesia cabang olahraga angkat besi Olimpiade Tokyo 2020
Windy Cantika Aisah, atlet putri Indonesia cabang olahraga angkat besi Olimpiade Tokyo 2020 /Timothy Lie/

 

ZONA SURABAYA RAYA - Tersiar kabar bahwa medali emas cabang olahraga angkat besi Olimpiade Tokyo 2020 milik atlet China, Zhihui Hou, terancam dicabut

Jika hal itu benar dilakukan, maka atlet angkat besi putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, berpotensi meraih perak Olimpiade Tokyo 2020 di nomor 49kg.

Dalam kejuaraan Hou mampu meraih medali emas dari cabang olahraga angkat besi nomor 49kg, setelah menciptakan rekor Olimpiade dengan total angkatan 210 kg, pada Sabtu 24 Juli 2021.

Sedangkan, medali perak diraih oleh atlet India, Mirabai Chanu Saikhom, dan perunggu disegel oleh atlet putri Indonesia Windy Cantika.
 

Namun, beredar kabar bahwa medali emas Hou bisa dicabut jika dia gagal pada tes doping yang akan dilakukan otoritas berwenang.

Bahkan, Hou telah diminta untuk tetap berada di Tokyo dan wajib menunda kepulangannya.

"Dia telah diminta untuk tinggal di Tokyo dan tes harus dilakukan. Tes itu pasti terjadi," kata seorang sumber yang dikutip Zonasurabayaraya.com dari ANI News, Rabu 28 Juli 2021.

Terkait dengan Olimpiade Tokyo 2020 dalam aturan jelas menyatakan, jika seorang atlet gagal dalam tes doping, maka atlet yang meraih medali akan dicabut haknya.
 
Baca Juga: Bikin Baper, Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Dilamar Usai Bertanding

Maka dari itu jika dinyatakan gagal, medali emas yang didapatkan Hou terancam lepas.

Dengan demikian, perolehan medali akan berubah. Mirabai akan mendapatkan emas, sedangkan medali perak otomatis menjadi hak atlet putri Indonesia Windy Cantika.***

Editor: Julian Romadhon


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x