Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditutup, Indonesia Runner Up ASEAN

- 8 Agustus 2021, 23:29 WIB
LINK Nonton Acara Puncak Closing Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 Pukul 17.15 WIB Tangkap layar vidio.com
LINK Nonton Acara Puncak Closing Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 Pukul 17.15 WIB Tangkap layar vidio.com /
 
ZONA SURABAYA RAYA - Olimpiade Tokyo 2020 telah resmi ditutup hari ini, Minggu 8 Agustus 2021. 
 
Pasca bersatunya seluruh negara di dunia dalam kompetisi olahraga terbesar tersebut, daftar perolehan medali menunjukkan bahwa Amerika Serikat keluar sebagai juara umum.
 
Berdasarkan perhitungan hingga hari terakhir, Amerika Serikat berhasil menduduki peringkat pertama dengan perolehan total 113 medali. 
 
Perolehan AS terdiri dari 39 emas, 41 perak, dan 33 perunggu menjadikannya sebagai negara dengan perolehan emas terbanyak dalam Olimpiade Tokyo 2020.
 
 
Berikutnya Republik Rakyat Tiongkok menduduki posisi kedua dengan perolehan 88 medali secara total. 
 
Selisih tipis dengan AS, Tiongkok berhasil membawa pulang 38 medali emas. Sementara medali perak sebanyak 32 dan perunggu berada di angka 18.
 
Selanjutnya, Jepang berada di posisi ketiga dengan 27 medali emas dan total 58 medali. Kemudian diikuti dengan Inggris Raya di posisi keempat dengan 20 medali emas dan total 65 medali. 
 
Sementara Rusia pada posisi kelima dengan 20 medali emas dan total memperoleh 71 medali.
 
 
Sederet negara lain yang memperoleh peringkat sepuluh besar secara berurutan yaitu, Australia, Belanda, Perancis, Jerman dan Italia. Jika Australia meraih 17 medali emas dan total 36 medali, keempat negara lain sama-sama memperoleh 10 emas.
 
Lantas bagaimana posisi Indonesia? Negara Kesatuan Republik Indonesia berada di peringkat 55 dengan memperoleh satu medali emas, satu perak dan 3 perunggu. 
 
Secara total, Indonesia mendapatkan lima medali menjadikan kita berada di posisi kedua ASEAN di bawah Filipina dengan peringkat 50.
 
Perolehan medali emas Indonesia adalah berkat kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di cabang olahraga bulu tangkis ganda putri. Sedangkan medali perak diperoleh atlet angkat besi Eko Yuli Irawan.
 
Sedangkan tiga medali perunggu juga berasal dari dua cabang olahraga yang sama yaitu, bulu tangkis dan angkat besi. Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah mendapatkan medali perunggu dari cabang olahraga angkat besi. 
 
Terakhir, satu medali perunggu dari altet tunggal putra bulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting.***

Editor: Julian Romadhon


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x