Profil Aitana Bonmati, Si Cantik Peraih Penghargaan Ballon d'Or Feminin 2023

- 1 November 2023, 13:00 WIB
Aitana Bonmati dari FC Barcelona setelah memenangkan Ballon d'Or putri
Aitana Bonmati dari FC Barcelona setelah memenangkan Ballon d'Or putri /REUTERS/Stephanie Lecocq /

ZONA SURABAYA RAYA - Pesepakbola wanita Barcelona, Aitana Bonmati, berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or Feminin 2023 sebagai pemain putri terbaik. Upacara pemberian penghargaan Ballon d'Or 2023 berlangsung di Theatre Du Chatelet pada Selasa dini hari 31 Oktober 2023, di mana Aitana Bonmati menerima trofi Ballon d'Or Feminin 2023 dari legenda tenis dunia, Novak Djokovic.

Keberhasilan Aitana Bonmati ini menyusul kesuksesan yang diraih oleh mantan pemain Barcelona, Lionel Messi, yang meraih Ballon d'Or 2023, merupakan penghargaan individu paling bergengsi di dunia.

Bonmati dipilih sebagai pemenang Ballon d'Or Feminin 2023 berkat penampilan cemerlangnya yang membawa Timnas Spanyol menjadi juara Piala Dunia Wanita 2023. Selain menjadi juara, Aitana Bonmati juga meraih Sepatu Emas sebagai pemain terbaik dalam Piala Dunia Wanita 2023.

Baca Juga: Mengenal Socrates Award, Bagaimana Bisa Vinicius Junior Terima Socrates Award di Acara Puncak Ballon d'Or 2023

Di level klub, Bonmati berperan besar dalam kesuksesan Barcelona meraih treble pada musim sebelumnya. Barcelona berhasil memenangkan La Liga Wanita, Liga Champions Wanita, dan Supercopa de Espana.

Aitana Bonmati adalah salah satu talenta cemerlang dalam dunia sepak bola. Profilnya menunjukkan bahwa dia lahir pada 18 Januari 1998, di Vilanova i la Geltru, Spanyol. Karir sepak bolanya dimulai saat dia bergabung dengan CD Ribes dan CF Cubelles, sebuah klub kecil yang terdiri dari pemain campuran, baik pria maupun wanita.

Pada usia 13 tahun, Bonmati bergabung dengan akademi Barcelona dan menunjukkan bakatnya yang luar biasa. Dia menerima panggilan ke tim nasional U-17 wanita Spanyol pada usia 15 tahun untuk berpartisipasi dalam Piala Eropa U-17 Wanita 2014. Bonmati terus berkembang dalam tim nasional Spanyol, bermain untuk U-18 dan U-20.

Setelah setengah dekade di akademi, Bonmati dipromosikan ke tim utama Barcelona pada tahun 2016. Dia secara perlahan membangun reputasi di skuad utama Barcelona dan berkontribusi pada berbagai gelar, termasuk gelar Liga Spanyol, Liga Champions, Copa de la Reina, Piala Super Spanyol, dan Copa Catalunya.

Bonmati juga mendapat panggilan untuk tim nasional senior Spanyol pada tahun 2017 dan telah mencatatkan 57 penampilan dengan 21 gol. Selain Piala Dunia Wanita 2023 yang diraihnya, dia juga meraih gelar Cyprus Cup 2018 bersama Timnas Spanyol.***

Editor: Rangga Putra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah