Rekor Messi! Raih Ballon d'Or 2023 yang Ke-8, Ini Daftar Lengkap Pemenang Lainnya dalam Acara Ballon d'Or 2023

- 31 Oktober 2023, 09:45 WIB
Aitana Bonmati menerima Ballon d'Or putri dari legenda tenis Novak Djokovic.
Aitana Bonmati menerima Ballon d'Or putri dari legenda tenis Novak Djokovic. /REUTERS/Stephanie Lecocq

ZONA SURABAYA RAYA - Pada malam penganugerahan Ballon d'Or 2023 yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, pada Selasa 31 Oktober 2023 dini hari WIB, Lionel Messi berhasil memenangkan penghargaan pemain terbaik dunia.

Didier Drogba, mantan striker Chelsea, menjadi pembawa acara dalam acara tersebut. Beberapa tokoh ternama seperti David Beckham, Eden Hazard, Gary Lineker, dan petenis terkemuka Novak Djokovic juga hadir sebagai pengumum pemenang.

Penilaian untuk Ballon d'Or 2023 ini mencakup periode musim 2022/203, dimulai dari 1 Agustus 2022 hingga 31 Juli 2023. Keberhasilan timnas Argentina, yang diperkuat oleh Messi, dalam meraih gelar Piala Dunia 2022 di Qatar memiliki peran kunci dalam penentuan pemenang penghargaan ini.

Baca Juga: Resmi Kalahkan Erling Haaland dan Kylian Mbappe, Messi Resmi dapat Ballon d'Or ke-8

Selain Ballon d'Or untuk pemain pria, acara ini juga mengumumkan pemenang Ballon d'Or Feminin serta beberapa penghargaan lainnya seperti Kopa Trophy, Yachine Trophy, Gerd Muller Trophy, dan Socrates Award.

Lionel Messi dari Inter Miami dan timnas Argentina secara resmi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or 2023. Pengumuman pemenang dilakukan oleh David Beckham, mantan pemain Real Madrid yang kini memiliki tim Inter Miami. Messi menduduki peringkat pertama, mengalahkan Erling Haaland dan Kylian Mbappe yang menempati peringkat kedua dan ketiga.

Dengan memenangkan Ballon d'Or 2023, ini adalah gelar Ballon d'Or kedelapan Messi sepanjang kariernya. Hal ini semakin menegaskan dominasinya dalam penghargaan individual ini, menjadikannya pemain dengan jumlah Ballon d'Or terbanyak. Sementara itu, rival terbesarnya, Cristiano Ronaldo, telah meraih penghargaan ini sebanyak lima kali.

Menariknya, tahun ini merupakan pertama kalinya sejak tahun 2003 bahwa Cristiano Ronaldo tidak masuk dalam daftar nominasi untuk Ballon d'Or.

Ballon d'Or Feminin 2023

Di kategori Ballon d'Or Feminin 2023, Aitana Bonmati dari Barcelona dan timnas Spanyol menjadi pemenangnya. Prestasinya membantu Barcelona Femeni meraih gelar Liga Champions Wanita 2022/2023 dan menjadi andalan saat Spanyol meraih Piala Dunia Wanita 2023.

Halaman:

Editor: Rangga Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah