Pakar: Rider Motor GP Mandalika Bantu Dongkrak Pariwisata Indonesia

- 22 Februari 2022, 20:30 WIB
Para Rider Ducati Raih Top Speed Tertinggi di Sirkuit Mandalika
Para Rider Ducati Raih Top Speed Tertinggi di Sirkuit Mandalika /
ZONA SURABAYA RAYA - Perhelatan MotoGP yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok banyak membantu mendongkrak promosi pariwisata di Indonesia. Para rider secara tak langsung turut berperan dalam promosi ini. 
 
Puluhan rider MotoGP tingkat dunia telah merasakan simulasi serta berjalan-jalan menikmati indahnya Pulau Lombok.
 
"Para rider ini juga pasti mengabadikan momen liburan di media sosial mereka masing-masing. Nah hal ini menjadi salah satu promosi tersendiri bagi Pulau Lombok," ujar Pakar Pariwisata Universitas Airlangga (UNAIR) Novianto Edi Suharno. 
 
Menurut dia, perhelatan MotoGP memang hanya berlangsung beberapa bulan saja. Namun, keberhasilan Mandalika menjadi salah satu venue balap sangat berdampak bagi peningkatan kunjungan wisata di Pulau Lombok. 
 
“Tentunya akan terjadi peningkatan kunjungan wisata. Saat uji coba saja sudah banyak para rider yang selfie dan mengabadikan tempat-tempat yang mereka kunjungi untuk di-upload di social media mereka," ujar Anto, sapaan dia. 
 
Tambah Anto, animo para rider itu menjadi salah satu cara mempromosikan potensi wisata di sekitar Mandalika maupun di Pulau Lombok. Kenaikan jumlah pengunjung otomatis akan terjadi kenaikan-kenaikan pada sektor yang lain. 
 
Tak hanya Lombok, potensi peningkatan kunjungan wisata maupun penginapan bisa terjadi di daerah lain. Pasalnya, di tengah gelaran MotoGP berlangsung, akan tersebar beberapa informasi mengenai tempat wisata di luar lombok seperti Bali dan Jakarta.
 
“Yang mengunjungi tempat wisata tersebut merupakan orang-orang yang punya penggemar dan secara tidak langsung mempengaruhi promosi yang luar biasa besar dampaknya. Sebagai pengelola yang ada di tempat tersebut juga harus memberikan pelayanan terbaiknya,” imbuhnya. **

Editor: Timothy Lie


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x