Timnas Indonesia Kalah di Final Piala AFF 2021 Karena Dinilai Larinya Kurang

- 4 Januari 2022, 15:45 WIB
Ilustrasi Piala AFF
Ilustrasi Piala AFF /Instagram @timnasindonesiainfo



ZONA SURABAYA RAYA - Timnas Indonesia baru saja dilibas 2-6 secara agregat oleh Timnas Thailand pada piala AFF Sabtu 1 Januari 2022 lalu.

Kekalahan Timnas Indonesia atas Thailand tersebut menuai banyak penilai positif dan negatif dari pelbagai pihak. Salah satunya dari Wapres RI Ma'Ruf Amin.
 
Dirinya menyebut Timnas Indonesia Kalah karena sejak awal, para pemainnya tidak dirancang untuk menjadi pemenang.

Hal itu, lanjutnya, dapat terlihat dari kondisi fisik para punggawa skuad Garuda yang terlalu lemah dan cepat lelah.

Baca Juga: Simak, Ini 6 Fakta Rekor Runner Up Timnas Indonesia di AFF Cup

"Nah, itu. Kalau saya lihat pemain bola kita itu, dia mainnya bagus. Tapi daya tahan (tubuhnya) lemah. Larinya kurang. Jadi, stamina dan lari. Itu yang dibenahi," kata orang nomor 2 RI itu dalam podcast Youtube bersama Deddy Corbuzier.

Karenannya, dirinya menyarankan para atlet olahraga khususnya sepak bola harus sudah dilatih dan dirancang untuk menjadi pemenang.

Salah satu peran pemerintah dalam upaya merancang bibit atlet berpresasi adalah program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Tujuannya, tidak hanya untuk mendongkrak prestasi di bidang olahraga. Tapi juga membangun mental juara para atlet di semua cabang olahraga.

"Supaya nanti kalau berhasil atau menang, bukan karena accident atau kebetulan. Tapi karena memang didesain untuk menjadi pemenang," ujarnya.

Baca Juga: Prediksi Final AFF Cup 2020 Thailand vs Indonesia, Rekor Terbaik Seri

Meski demikian, dia tetap mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia melawan Thailand pada laga final piala AFF. Dirinya menyadari bahwa para punggawa timnas Indonesia memang belum dirancang dengan baik.***   

 

Editor: Timothy Lie

Sumber: Youtube Deddy Corbuzier


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah