Melenggang ke Final Olimpiade Tokyo 2020, Chen Long Berpeluang Samai Rekor Pendahulunya

- 2 Agustus 2021, 07:58 WIB
Penampilan Chen Long pada ajang French Open 2019.
Penampilan Chen Long pada ajang French Open 2019. /Yohan Nonotte/Yohan Nonotte/Badmintonphoto
 
ZONA SURABAYA RAYA - Keberhasilan tunggal putra China, Chen Long menuju laga babak final Olimpiade Tokyo 2020 membuatnya berpeluang menyamai rekor rekan senegaranya, Lin Dan yang merupakan peraih dua medali emas Olimpiade. 
 
Sesuai dengan catatan prestasinya, Chen adalah juara bertahan, di mana dirinya sukses merebut medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu setelah mengalahkan tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei. Sementara  pendahulunya yang juga rekan senegaranya, Lin Dan juga mengalahkan Lee di final Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.
 
Dilansir dari laman resmi BWF, Chen Long merasa sangat senang bisa melaju di final Olimpiade Tokyo 2020.
 
"Saya sangat senang bisa ke final karena ini adalah panggung impian bagi semua atlet badminton, berada di final Olimpiade. Jadi saya harap saya bisa mengekspresikan ini ke diri saya besok dan saya juga ingin istirahat," ucap Chen Long pasca pertandingan.
 
 
"Saya tidak terlalu memikirkan semifinal, tidak seperti di babak penyisihan grup. Saya hanya memastikan dapat satu demi satu poin dan melakukan yang terbaik," katanya.
 
Pada laga final jika tunggal putra China tersebut berhasil mengalahkan Viktor Axelsen dari Denmark, maka Chen akan memecahkan rekor Super Dan yang sementara ini menjadi satu-satunya tunggal putra yang bisa meraih dua medali emas Olimpiade. 
 
Selain itu Chen juga akan tergabung dengan para legenda badminton China yang tercatat memenangkan dua emas Olimpiade berturut-turut seperti ganda putri Ge Fei-Gu Jun, ganda campuran Zhang Jun-Gao Ling, dan tunggal putri Zhang Ning serta tunggal putra dan Lin Dan.
 
Medali yang hari ini akan didapat Chen adalah medali Olimpiade ketiga untuknya. Sebelumnya di London, Chen berhasil membawa pulang medali perunggu. Torehan ini juga menyamai rekor Lee Chong Wei yang merebut tiga medali di Olimpiade. 
 
 
Atas prestasinya tersebut, Chen akan mempunyai posisi di deretan legenda hidup badminton China yang menjadi peraih medali Olimpiade terbanyak di badminton, di antaranya Gao Ling dengan perolehan 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu, Fu Haifeng dengan 2 emas dan 1 perak, Zhang Nan dengan 2 emas dan 1 perunggu, kemudian Zhao Yunlei dengan 2 emas dan 1 perunggu.***

Editor: Julian Romadhon


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x