Ini Lho 4 Perbedaan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dan Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh, Nggak Cuma Speed!

- 25 April 2024, 08:26 WIB
Perbedaan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dan Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh
Perbedaan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dan Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh /

ZONA SURABAYA RAYA - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dipastikan dilanjutkan. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah membentuk tim untuk mengerjakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya ini. Simak 4 perbedaan keretapi api cepat Jakarta-Surabaya (KSJS) dan kereta cepat Jakarta-Bandung (KSJB) berikut ini.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Luhut menyebut kesepakatan pembentukan tim proyek Kereta Cepat jakarta-Surabaya ini sebagai salah satu hasil pertemuan ke-4 High-Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) Indonesia dengan China.

"Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, kita sepakat untuk segera tim dibentuk," sebut Luhut.

Lantas, apa perbedaan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dengan Kereta Cepat Jakarta Bandung? Berikut ini ulasannya yang dirangkum Tim Zona Surabaya Raya (Pikiran Rakyat Media Network/PRMN), Kamis 15 April 2024.

1. Nama Kereta Cepat

Dari segi nama, dua kereta cepat ini memiliki perbedaan. Untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung diberi nama Whoosh.

Sedang Kereta Cepat Jakarta-Surabaya sudah diberikan nama, yakni Merah Putih. Ini melambangkan bendera Indonesia.

2. Investor dan Biaya Kereta Cepat

Perbedaan lainnya pada investor kereta cepat dan anggarannya. China adalah investor untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), dengan membentuk konsorsium dengan nama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Konsorsium BUMN Indonesia menyumbang 60% dan 40% berasal dari konsorsium China. Sedang total investasi KCJB hingga US$7,2 miliar atau setara Rp110,16 triliun.

Sedang Kereta Cepat Jakarta-Surabaya juga menggandeng investor China. Semula proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan kerja sama bersama Jepang, tetapi kemudian digantikan dengan China.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah