Bandara Internasional Dhoho Kediri Besok Resmi Beroperasi, Ini Spesifikasi Bandara yang Habiskan Rp13 Triliun

- 4 April 2024, 11:30 WIB
Citilink buka penerbangan perdana di Bandara Dhoho Kediri
Citilink buka penerbangan perdana di Bandara Dhoho Kediri /Istimewa

ZONA SURABAYA RAYA - Setelah dinyatakan siap 100 persen melayani penerbangan, Bandara Internasional Dhoho Kediri akan resmi beroperasi pada besok Jumat, 5 April 2024. Simak spesifikasi bandara yang menghabiskan dana Rp13 triliun tersebut.

Berdasarkan laman Kementerian Perhubungan, Bandara Internasional Dhoho Kediri dibangun sejak 2022 itu berada di Kecamatan Grogol. Bandara ini dibangun oleh PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya, PT Surya Dhoho Investama (SDHI).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Dhoho Kediri, I Nyoman Noer Rohim mengatakan sampai saat ini baru ada satu maskapai yang beroperasi, yakni Citilink. Penerbangan dengan rute Jakarta-Kediri PP ini menggunakan pesawat jenis Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

"Dengan adanya penerbangan di Bandar Udara Dhoho ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kediri," kata Nyoman dikutip dari Antara, Rabu 4 April 2024.

Jadwal Penerbangan Citilink di Bandara Dhoho

Citilink membuka rute Jakarta-Kediri akan beroperasi secara regular dua kali dalam satu pekan, yakni setiap Selasa dan Sabtu.

Penerbangan Citilink pada Selasa dijadwalkan berangkat dari Jakarta pukul 08.40 WIB dan tiba di Kediri pukul 10.10 WIB. Sedangkan untuk rute sebaliknya, pesawat akan berangkat dari Kediri pukul 10.50 WIB dan tiba di Jakarta pukul 12.20 WIB.

Penerbangan pada Sabtu dijadwalkan berangkat dari Jakarta pukul 05.50 WIB dan tiba di Kediri pukul 07.20 WIB.

Sedangkan untuk rute sebaliknya, pesawat akan berangkat dari Kediri pukul 08.00 WIB dan tiba di Jakarta pukul 09.30 WIB.

Spesifikasi Bandara Dhoho Kediri

Dikutip dari laman Kementerian Peerhubungan, Bandara Internasional Dhoho Kediri dibangun dan dikelola PT Surya Dhoho Investama (SDHI) dengan skema proyek kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) Bandar Udara dengan nilai investasi Rp13 triliun.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah