Umumkan Nama Stadion Baru, Bupati Kediri Berharap Kembalikan Kejayaan Sepakbola Kediri

- 9 September 2023, 10:00 WIB
Umumkan Nama Stadion Baru, Bupati Kediri Berharap Kembalikan Kejayaan Sepakbola Kediri
Umumkan Nama Stadion Baru, Bupati Kediri Berharap Kembalikan Kejayaan Sepakbola Kediri /Instagram dhitopramono

ZONA SURABAYA RAYA - Setelah cukup lama dinantikan, Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana akhirnya mengumumkan nama stadion baru Kabupaten Kediri kepada masyarakat.

Nama stadion yang dibangun di Desa Bulusari, Tarokan, Kabupaten Kediri itu resmi diumumkan di akun media sosial Instagram pribadinya @dhitopramono pada Jumat, 8 September 2023 sore WIB.

Sejak penutupan sayembara nama stadion baru pada 1 Juli 2023 lalu, terdapat hampir 14.000 usulan nama yang masuk. Mas Bup sapaan akrab Bupati Kediri itu mengatakan bahwa dari sekian banyak usulan nama yang masuk, tentunya hal ini memerlukan waktu untuk memfilter, menelaah filosofi dan kira-kira nama apa yang terbaik bagi stadion baru di Kabupaten Kediri ini.

Sebagaimana syarat dan ketentuan dari sayembara hasil lomba ini akan menjadi hak milik Pemkab Kediri sekaligus penggunaan nama stadion juga menjadi keputusan Pemkab Kediri.

Baca Juga: Satreskrim Polres Kediri Berhasil Ringkus Kelompok Pelempar Batu, Anggotanya Anak Putus Sekolah

Belasan ribu usulan nama yang telah masuk itu kemudian diseleksi secara bertahap oleh dewan juri untuk mendapatkan nama terbaik sampai mengerucut kepada satu nama. Stadion baru Kabupaten Kediri akan diberi nama Gelora Daha Jayati.

Menurut Mas Bup, Gelora merupakan gelombang rakyat yang mana stadion tak hanya dijadikan sebagai tempat olahraga, melainkan bisa juga dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai macam kegiatan.

Daha merupakan sebuah kata yang berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang bermakna api, kemerahan dan menyala. Kata tersebut sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab Bharatayuda yang diubah pada masa Jayabaya. Selain itu, Daha juga dikenal sebagai nama kerajaan penting di Jawa.

Halaman:

Editor: Timothy Lie

Sumber: Instagram @dhitopramono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah