Ini Alasan Pengambilan Api Porprov di Sidoarjo

- 4 September 2023, 17:45 WIB
Pengambilan api Porprov Jatim di Candi Pari Sidoarjo, untuk mengawali Porprov Jatim VIII/2023.
Pengambilan api Porprov Jatim di Candi Pari Sidoarjo, untuk mengawali Porprov Jatim VIII/2023. /Dimas Adirono

ZONA SURABAYA RAYA - Untuk mengawali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII/2023, pengambilan Api dilakukan di Candi Pari Sidoarjo, Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Pengambilan Api Porprov Jatim di Candi Pari cukup beralasan, karena di Candi Pari sendiri adalah peninggalan Kerajaan Majapahit.

"(Candi Pari) merupakan peninggalan sejarah yang berkaitan erat dengan Kerajaan Majapahit. Kita berharap dengan semangat Majapahit, semangat Sidoarjo membangun reputasi, maka dengan pengambilan api dapat memberi spirit yang sama dalam setiap laga di Porprov kali ini," ujar Djoko Supriyadi, Kepala Disporapar Sidoarjo.

Prosesi pengambilan api semakin spesial dengan diiringi penampilan Lakune Sang Obor.

Baca Juga: Faji Kabupaten Probolinggo Siapkan Beasiswa Untuk Atlet Peraih Medali Emas di Porprov Jatim

Pengambilan api Porprov sendiri dilakukan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim, M. Ali Kuncoro, dari para penari yang lantas diserahkan kepada Ketua PB Porprov Jatim 2023, Muhammad Ali Affandi LaNyalla Mattalitti. Api obor selanjutnya diserahkan ke Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Guna memeriahkan pengambilan Api Porprov, dimeriahkan oleh hadrah dari Ikhromul Mustofah dan tari Banjar Kemuning persembahan Sanggar Kreasi Dancer Sidoarjo menyambut kedatangan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Ketua DPRD Sidoarjo Usman dan jajaran Forkopimda.

Dalam kesempatan ini, juga hadir Wakil Ketua III KONI Jatim Dedy Suhayadi dan juga pengurus KONI Jatim serta Ketua KONI Sidoarjo Franki Effendi beserta jajarannya.

Halaman:

Editor: Timothy Lie


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x