Volume Sampah Plastik di Kabupaten Blitar Meningkat 10% Selama Lebaran

- 20 April 2024, 08:00 WIB
ilustrasi pengelolaan sampah di TPA
ilustrasi pengelolaan sampah di TPA /Humas Jabar

 

ZONA SURABAYA RAYA - Momen lebaran di Kabupaten Blitar tidak hanya membawa kebahagiaan, tetapi juga meningkatkan volume sampah, terutama sampah plastik.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, volume sampah di daerah tersebut meningkat 10 persen selama periode lebaran, dengan sampah plastik mendominasi.

"Volume sampah di Kabupaten Blitar selama momen lebaran ini meningkat sekitar 10 persen dari biasanya. Mayoritas sampah yang dihasilkan pada Hari Raya Idul Fitri adalah sampah anorganik, terutama plastik," ujar Achmad Cholik.

Baca Juga: Libur Lebaran Wisata Pantai Serang Blitar Catat Penurunan Pengunjung Dibanding Tahun Sebelumnya

Konsumsi makanan dan jajanan berbahan plastik selama lebaran menjadi penyumbang utama peningkatan volume sampah di Kabupaten Blitar.

Pada hari-hari biasa, jumlah sampah di daerah tersebut mencapai 19 ton, namun selama Hari Raya Idul Fitri, produksi sampah naik menjadi lebih dari 20,9 ton.

Meskipun terjadi peningkatan, Cholik memastikan bahwa TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang ada di Kabupaten Blitar masih mampu menampung volume sampah yang diproduksi, karena peningkatan tersebut masih dalam batas yang wajar.

Halaman:

Editor: Timothy Lie

Sumber: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah