Usia Proyek sudah 23 Tahun, Kini Pemprov Jatim Bertekad Tuntaskan Jalur Pansela hanya dalam 5 Tahun!

- 17 April 2024, 13:30 WIB
Progres pembangunan Pansela dari Banten sampai Jawa Timur. (15/01/2024)
Progres pembangunan Pansela dari Banten sampai Jawa Timur. (15/01/2024) /IG @kemenpupr/

ZONA SURABAYA RAYA - Membentang sepanjang 628 kilometer, Jalur Pantai Selatan (Pansela) di Jawa Timur bagaikan tulang punggung yang menghubungkan delapan kabupaten, mulai dari Pacitan hingga Banyuwangi. Kehadirannya tak hanya menjadi primadona wisata, tetapi juga berperan penting dalam menggeliatkan ekonomi kawasan.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan konektivitas yang optimal di jalur strategis ini. Dengan target ambisius, Jalur Pansela diproyeksikan rampung dalam waktu lima tahun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim, Mohammad Yasin, menegaskan bahwa proyek pembangunan Jalur Pansela menjadi salah satu prioritas dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Baca Juga: Proyek Underpass Taman Pelangi Surabaya, Pemkot Gelontor Dana Awal Rp80 Miliar, Ini Peruntukannya

"Proyek yang dulunya bernama Jalur Lintas Selatan (JLS) ini telah berlangsung selama 23 tahun lebih. Panjangnya mencapai 628 kilometer," jelas Yasin dikutip dari ANTARA, Rabu, 17 April 2024.

Delapan kabupaten yang dilalui Jalur Pansela, yaitu Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi, diyakini akan merasakan manfaat ekonomi yang signifikan dengan selesainya pembangunan.

Tantangan dan Solusi

Saat ini, progres pembangunan Jalur Pansela telah mencapai 350 kilometer atau sekitar 60 persen. Namun, untuk menyelesaikan 40 persen sisanya, masih terdapat kendala utama, yaitu pembebasan lahan.

"Di antaranya untuk pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Trenggalek membutuhkan anggaran senilai Rp200 miliar. Sedangkan di Banyuwangi sekitar Rp37 miliar," ujar Yasin.

Meskipun pembebasan lahan merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten, Pemprov Jatim menunjukkan komitmennya untuk membantu. Khususnya di Trenggalek dengan anggaran yang besar, Pemprov Jatim siap membantu.

Halaman:

Editor: Rangga Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah