5 Wisata yang Jarang Terekspose di Jatim, Hidden Gem yang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

- 20 Mei 2024, 08:30 WIB
Pantai Gili Labak
Pantai Gili Labak /pixel.traveller/

ZONA SURABAYA RAYA - Jawa Timur terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, mulai dari gunung berapi yang megah, pantai yang indah, hingga air terjun yang memukau. Namun, di balik popularitasnya, masih banyak tempat wisata tersembunyi di Jawa Timur yang jarang dieksplorasi dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Berikut adalah 5 rekomendasi destinasi wisata tersembunyi di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup:

1. Pulau Gililabak, Sumenep

Pulau Gililabak terletak di ujung timur Pulau Madura dan menawarkan keindahan alam bawah laut yang masih terjaga. Anda dapat menikmati snorkeling dan diving untuk melihat berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang berwarna-warni. Pulau ini juga terkenal dengan pantai pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang jernih.

2. Pantai Sukamade, Banyuwangi

Pantai Sukamade terletak di Taman Nasional Meru Betiri dan terkenal sebagai tempat penangkaran penyu belimbing. Anda dapat melihat penyu bertelur dan anak penyu yang menetas dan dilepaskan ke laut. Di sini, Anda juga dapat belajar tentang pengelolaan penyu dan pentingnya menjaga kelestarian mereka.

Baca Juga: Hati-Hati, 7 Air Terjun Spektakuler di Jawa Timur Ini bakal Bikin Kamu Batal Beli Tiket ke Niagara!

3. Air Terjun Kapas Biru, Lumajang

Air Terjun Kapas Biru terletak di Pronojiwo, Lumajang, dan terkenal dengan airnya yang berwarna biru kehijauan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan dikelilingi oleh hutan yang rimbun. Anda dapat menikmati kesejukan air terjun dan udara segar di kawasan ini.

4. Puncak B29, Lumajang

Puncak B29 terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo dan menawarkan pemandangan Gunung Bromo yang menakjubkan. Anda dapat melihat lautan awan yang menyelimuti kawasan Bromo dan menikmati sunrise atau sunset yang indah. Puncak B29 merupakan tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati ketenangan alam.

5. Susur Sungai Maron, Pacitan

Sungai Maron terletak di Pacitan dan terkenal dengan airnya yang berwarna hijau kebiru-biruan. Anda dapat menyusuri sungai ini dengan perahu dan menikmati keindahan alam di sekitarnya. Di sepanjang sungai, Anda akan melihat pepohonan kelapa yang menjulang tinggi dan berbagai jenis burung yang bernyanyi. Di ujung Sungai Maron, Anda dapat mengunjungi Pantai Ngirooyot yang indah.

Tips:

Jagalah kebersihan lingkungan selama Anda mengunjungi tempat wisata ini.

Halaman:

Editor: Rangga Putra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah