CATAT! KK Titipan Tak Berlaku, Dispendik Validasi Dat, 20.000 Siswa SMP di Surabaya Dapatkan PIN PPDB 2024

- 18 Mei 2024, 13:00 WIB
Zonasi PPDB SDN-SMPN Surabaya Diperketat, Dispendik Gandeng Dispendukcapil untuk Filter Penduduk Dadakan
Zonasi PPDB SDN-SMPN Surabaya Diperketat, Dispendik Gandeng Dispendukcapil untuk Filter Penduduk Dadakan /Pemkot Surabaya

ZONA SURABAYA RAYA - Dalam upaya meningkatkan transparansi dan validitas proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya telah memastikan tidak ada pendaftar yang menggunakan Kartu Keluarga (KK) titipan.

Sistem pendaftaran PPDB yang dilakukan secara online ini juga mencakup validasi data kependudukan dari Calon Peserta Didik Baru (CPDB).

Kepala Dispendik Kota Surabaya, Yusuf Masruh, menjelaskan bahwa proses pendaftaran PPDB terintegrasi dengan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) serta Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya.

Baca Juga: Antusiasme Membludak, 10.000 Calon Siswa Ikuti Uji Coba Hari Pertama PPDB SDN Surabaya

"Data CPDB dicek dan divalidasi, misalnya jika ada pindahan domisili yang mencurigakan, itu menjadi pertimbangan khusus," kata Yusuf pada Jumat (17/5/2024).

Aturan tambahan yang diikuti adalah bahwa alamat KK harus diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB, sesuai Perwali Surabaya Nomor 21 Tahun 2024. Proses validasi ini membantu memastikan integritas data pendaftaran.

PPDB SMP Negeri di Surabaya terdiri dari dua jalur zonasi:
1. Zonasi 1: Untuk CPDB yang tinggal di kelurahan yang sama atau terdekat dengan sekolah.
2. Zonasi 2: Untuk CPDB yang tinggal di kelurahan dalam satu kecamatan dengan sekolah, dengan daya tampung yang dibagi rata.

Baca Juga: Zonasi PPDB SDN-SMPN Surabaya Diperketat, Dispendik Gandeng Dispendukcapil untuk Filter Penduduk Dadakan

Hingga 16 Mei 2024, sekitar 20.000 CPDB SMP Negeri telah menerima PIN PPDB, yang berfungsi sebagai kode unik identitas dalam proses pendaftaran.

Halaman:

Editor: Timothy Lie

Sumber: Pemkot Surabaya Dispendik Surabaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah