IoT Permudah Aktifitas Manusia Dalam Proses Pengendalian dan Pemantauan Suatu Perangkat

- 21 September 2021, 22:05 WIB
IoT Permudah Aktifitas Manusia Dalam Proses Pengendalian dan Pemantauan Suatu Perangkat
IoT Permudah Aktifitas Manusia Dalam Proses Pengendalian dan Pemantauan Suatu Perangkat /Zona Surabaya Raya/

ZONA SURABAYA RAYA - Terus mencari dan mencari itulah yang dilakukan mahasiswa prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Untag Surabaya.

Teknologi Internet of Things (IoT) yang berkembang pesat saat ini mempermudah aktifitas manusia dalam melakukan proses pengendalian dan pemantauan suatu perangkat.

Trio Bekti Imansah yang mengimplementasikan IoT untuk memonitoring beban penggunaan daya listrik dan pengendalian perangkat elektronik.

Studi kasus yang ia pakai adalah penggunaan listrik di sebuah perusahaan. Trio merancang sebuah sistem yang dapat mempermudah pemantauan pemakaian data listrik secara realtime dan dapat dipantau menggunakan smartphone.

Baca Juga: Pengaruh Campuran Bahan Bakar Minyak dengan Pelumas Mesin Terhadap Performa Motor Kapal Cepat

"Kadang sebuah perusahaan kurang memonitoring listrik, tidak tahu perangkat mana yang menghabiskan banyak daya, tiba-tiba tagihan pembayaran membengkak," kata Trio saat diwawancarai, Selasa 21 September 2021.

Ia mencontohkan, ketika karyawan perusahaan lupa mematikan perangkat elektronik seperti komputer maupun AC menjadi salah satu alasan besarnya penggunaan daya listrik. Melalui sistem ini, Trio memudahkan pengguna untuk mengetahui hal tersebut.

"Dengan adanya sistem ini, kita jadi tahu. Ada notifikasi yang akan dikirim melalui aplikasi media sosial kalau ada perangkat yang menyala," jelasnya.

Sistem yang ia buat juga berfungsi sebagai pengendali jarak jauh. "Kalau ada perangkat yang masih menyala, bisa dikendalikan langsung melalui sistem," tutur Trio.

Halaman:

Editor: Julian Romadhon


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x