Dirut PT LIB Ferry Paulus ungkap Tantangan Penggunaan VAR di Liga Indonesia

- 27 Mei 2023, 22:00 WIB
FOTO ilustrasi penggunaan VAR.*/THEGUARDIAN
FOTO ilustrasi penggunaan VAR.*/THEGUARDIAN /

ZONA SURABAYA RAYA - Teknologi VAR atau Video Assistant Referee kemungkinan akan digunakan dalam paruh kedua musim 2023-2024 Liga Indonesia. Saat ini Penggunaan VAR dalam Liga Indonesia masih dalam proses perencanaan.

Dilansir dari Antaranews, 27 Mei 2023, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus menyampaikan tantangan penerapan VAR di Indonesia, yakni luasnya geografis Indonesia.

Menurut Ferry, luasnya geografis Indonesia membuat penggunaan VAR di Indonesia tidak bisa disamakan dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Yang mana Thailand memiliki 4 Stasiun VAR, Malaysia 6 Stasiun VAR, dan Singapura 2 Stasiun VAR, sementara itu rencananya Indonesia akan mempunyai 18 Stasiun VAR.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Argentina, Kiper Muda Persebaya Surabaya Bakal Kandaskan Lionel Messi

Tantangan yang cukup berarti terkait penggunaan VAR di Indonesia menurut Ferry, adalah kapasitas bandwith VAR yang bervariasi, sehingga membutuhkan kekuatan sinyal dan bandwith yang mencukupi.

Pria kelahiran 1964 tersebut juga mengatakan ketua umum PSSI, Erick Thohir sudah mendiskusikan hal tersebut dengan pihak yang mengurus kekuatan sinyal dan bandwidth.

Baca Juga: Timnas U-23 Selamat dari Grup Neraka Piala Asia, Erick Thohir tak ingin Remehkan Lawan!

Halaman:

Editor: Rangga Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x