Isu Rumor Mesut Ozil ke RANS Cilegon, Pakar Bisnis: Dongkrak Popularitas

- 14 Januari 2022, 12:21 WIB
Rumor Mesut Ozil diboyong RANS Cilegon FC
Rumor Mesut Ozil diboyong RANS Cilegon FC /Instagram @m10_official
ZONA SURABAYA RAYA - Isu Raffi Ahmad hendak memboyong pesepakbola internasional Mesut Ozil ke RANS Cilegon ramai diperbincangkan netizen dan kaum pecinta bola. Pakar bisnis menilai hal ini hanya untuk mendongkrak popularitas klub anyar asal Cilegon itu ke masyarakat Indonesia maupun luar negeri.
 
Pihak RANS sempat mengklaim bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi serius dengan Fenerbahce maupun agen pemain bersangkutan. Meskipun, upaya menggaet Ozil ini tak berhasil terealisasi.
 
Pakar sekaligus Dosen Komunikasi Bisnis Universitas Airlangga (UNAIR) Dina Septiani, B.Comm, M.Comn.,Ph.D, berpandangan, kabar untuk mendatangkan Ozil ini saja banyak mengibarkan nama RANS Cilegon FC terus diperbincangkan di sejumlah media.
 
Menurut Dina, apabila Raffi Ahmad berhasil mendatangkan Mesut Ozil, maka dipastikan popularitas dan value RANS Cilegon akan meningkat. Tak hanya itu, potensi industri sepak bola Indonesia bisa ikut meningkat pamornya.
 
 
“Potensi pasar olahraga di Indonesia ini sebenarnya tergolong tinggi. Kedatangan Mesut Ozil, pemain dengan market value yang besar tentu juga berpotensi meningkatkan revenue RANS Cilegon,” terang lulusan The Hague University Belanda tersebut, Kamis 13 Januari 2022.
 
Namun, upaya mendatangkan Ozil belum terwujud. 
Mesut Ozil yang kini berseragam FC Fenerbahce Turki memiliki harga pasaran sekitar 3,7 juta Euro atau sekitar Rp 60,1 Miliar. Nilai transfer yang fantastis untuk level transfer pemain Liga 1 Indonesia, belum termasuk gaji Ozil yang juga selangit.
 
Menurut Dina, gagal mendatangkan Mesut Ozil, Raffi diyakini bisa mencari pemain lain yang setidaknya memiliki kualitas dan market value yang setara dengan Ozil.
 
 
“Selain Ozil, masih mungkin untuk mencari high profile athlete, dalam artian pemain sepakbola lain yang setidaknya sama terkenalnya. Karena salah satu tujuan sounding ini tidak hanya untuk menaikkan performa tim, tapi juga upaya menaikkan daya pikat RANS Cilegon di industri sepakbola Indonesia,” tutupnya.
 
Dina menerangkan, bahwa dalam bidang sport marketing, kehadiran sosok pemain yang berprestasi dapat berdampak pada citra dan nilai klub, tim, hingga markas atau lokasi klub berada.
 
"Di Eropa banyak klub dengan sport marketing yang kuat dan mampu menaikkan pamor markas-markas klub sepakbola seperti Stadion Santiago Bernabéu di Madrid, Spanyol atau Stadion Old Trafford, Manchester United di Inggris," ujar dia.***

Editor: Julian Romadhon


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x