Kapan Tol Kediri-Tulungagung Selesai Dibangun? Ini Daftar 23 Desa yang Terlibas Jalan Menuju Bandara Dhoho

- 14 April 2024, 19:00 WIB
Rute Proyek Tol Kediri-Tulungagung sebagai penunjang aktivitas Bandara Internasional Dhoho
Rute Proyek Tol Kediri-Tulungagung sebagai penunjang aktivitas Bandara Internasional Dhoho /

ZONA SURABAYA RAYA - Kapan pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung selesai? Proyek jalan menuju Bandara Internasional Dhoho Kediri ini akan menghabiskan anggaran Rp 9,92 triliun.

Proyek jalan tol Kediri-Tulungagung ini juga bakal melibas 23 desa. Ini berarti lahan warga di desa tersebut akan terdampak dan dilakukan pembebasan.

Mengutip keterangan BPJT Kementerian PUPR, Minggu 14 April 2024, Tol Kediri-Tulungagung terdiri dari akses Tol Bandara Dhoho sepanjang 6,82 Km dan main road (Seksi 1 + Seksi 2) Kediri-Tulungagung sepanjang 37,35 Km (termasuk Akses).

Baca Juga:

Poyek Tol Kediri-Tulungagung ini dibangun oleh PT Gudang Garam (Tbk) melalui anak usahanya bernama PT Surya Sapta Agung Tol. Investasi pembangunan tol ini sebesar Rp9,92 triliun dengan masa konsesi 50 tahun. Untuk biaya pengadaan lahan dialokasikan anggaran Rp3,14 triliun.

Sementara itu, masa konsesi akan dihitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Tahapan Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung

Sebelum tahapan pembangunan Tol Kediri-Tulungagung dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Regres dan Perjanjian Penjaminan Jalan Tol Kediri - Tulungagung yang disaksikan secara langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljo pada 27 Februari 2024.

Sesuai rencana, konstruksi Tol Kediri-Tulungagung dimulai pada kuartal II-2024 dan ditargetkan beroperasi pada kuartal III-2025.

Ini berarti pembangunan Tol Kediri-Tulungagung diperkirakan akan selesai pada Agustus-September 2025.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah